CIRI CIRI TBC DAN PENGOBATAN TBC

CIRI CIRI TBC DAN PENGOBATAN TBC

 
 

CIRI CIRI TBC :

CIRI CIRI TBC DAN PENGOBATAN TBC

  • Batuk berdahak lama
  • Demam
  • Lemas
  • Berat badan turun
  • Tidak nafsu makan
  • Berkeringat malam
  • Sesak atau nyeri di dada saat batuk
  • Tak jarang batuk juga disertai percikan darah

Untuk memastikan diagnosisnya, dahak penderita perlu diperiksakan ke laboratorium apakah mengandung kuman TB atau tidak. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan foto rontgen dada, meskipun ini bukan yang utama.

pasien TB umumnya tidak punya nafsu makan dan mengalami demam. Kebutuhan energi yang meningkat tanpa disertai asupan makanan yang cukup tentu menyebabkan tubuh kekurangan energi. Pada orang yang kekurangan gizi, cadangan lemak dan karbohidrat mungkin tidak ada atau tidak mencukupi, sehingga tubuh terpaksa memecah protein dari jaringan otot, misalnya. Akibatnya, pasien akan semakin kurus karena kehilangan massa ototnya.

Pada pasien TB, ketika kuman TB masuk ke dalam tubuh, ia akan dilawan oleh sel-sel imun. untuk itu diperlukan sel-sel imun yang kuat dan cerdas. untuk mendidik sistem imun pada pasien TBC, saya sarankan untuk menkonsumsi TF Advance, TF Plus dan TF Cardio.

Mengapa memerlukan TF (Transfer Factor) dikarenakan pada beberapa kasus pengobatan konvensional tidak menyelesaikan masalah. Transfer Factor akan membantu kita dari serangan virus, bakteri, parasit, sel kanker dan lain-lain.

Silahkan Menonton Video Pembuatan 4Life Transfer Factor oleh 4Life Research USA

54 thoughts on “CIRI CIRI TBC DAN PENGOBATAN TBC

  1. saya kena tbc,
    karena saya udah batuk selama 2 minggu, sudah minum obat batuk tapi belum sembuh malahan obat batuknya udah habiis gimana dong tolong aq, aq g’ pengen mati.

    • saya tidak tahu apa penyakit saya,tapi bnyak orang yang bilang kalo saya terkena penyakit tbc.
      dan saya lihat disini pun benar ciri2 itu memang ada…
      yang terhormat.
      bapa/ibu.dokter
      tolong saya beri tahu cara mengobati penyakit ini….saya enngak mau mati….

  2. Malam,sudah 3 hari saya batuk berdahak tapi ketika batuk dikeluarkan dahaknya tidak terangkat. sampai saat ini saya belum minum obat, hanya minum air putih sebanyak-banyaknya. tapi anehnya batuk saya sangat parah ketika malam hari, sampai-sampai saya tidak bisa tidur. saat saya batuk yang sangat keras, tenggorokan saya sakit sekali dan langsung pusing dibarengi demam. saya mau tanya batuk apa yang sedang saya alami?

      • gejala saya mirip yg dialami mbak delia..
        cuma beda’y saya tidak demam. tiap kali batuk, perut saya sakit dan mual. tkadang muntah, tp muntah’y nasi..
        dahak saya pekat. dulu berwarna kekuning2an. sekarang sdh bening. tp masih batuk2. dan sekarang sdh 1bln lebih..
        pernah periksa kedokter di hari ke 15, katanya mag saya kurang bagus. diawal2 tiap saya batuk, saya merasa sesak napas karena dahak yg terlalu pekat susah keluar. kira2 itu apa y dok?
        terimakasih

  3. saya sudah batuk 2 bulan & berat badan turun drastis dalam 2 bulan, kalo batuk keluar dahak yang berwarna putih.. apakah saya TB

  4. saya udah batuk selama 4 minggu, di minggu pertama hanya batuk kering biasa trus selanjutnya jdi batuk berdahak… pas batuk kering saya minun obat batuk kering, trus pas batuk berdahak saya terusin obat batuk yang tdi ampe abis… pas udah abis tu batuknya emang berkurang tapi jadi kadang timbul kadang enggak… trus klu batuk kluar dahak warna??? warna putih… kadang kuning… tpi klu abis batuk tu lega rasanya tenggorokan tu… apa aku masuk dalam ciri-ciri orang terkena TBC????

  5. saya batuk tiba2 trus leher saya terasa sangat gatal… saya minum obat batuk tdk berdahak dan antibiotik… sekarang obatnya habis… saya juga merasa demam sesekali dan keringatan terus menerus…. diagnosis untuk saya ?

  6. mas bapak saya menderita TBC selama 6 bulan terahir….
    cara mengobati biar cepat sembuh gmn yach?
    obat alaminya apa aja????
    makacie ya sebelumnya…

  7. saya batuk2 kurang kebih 2 minggu,tapi ciri – ciri TBC di badan saya ga da,saya dah coba minum obat batuk tapi kadang batuknya hilang kadang ada lagi. mulia batuk,ketika badan saya dalam kondisi dingin. apa yang harus saya lakukan?????? terimakasih sblmnya!!!!!!!!!!!

  8. Saya telah mndrita batuk sudah kurang lebih 2 bulan,batuknya itu berlendir dan hanya terjdi pd mlm hri dan berdurasi kurang lbih 2 jam..Saya sdh minum obat yg d jual di pasaran tapi tidak ampuh.. Batuk ap yg sya drita ini? Apkh trmsk TB? n ap obatnya?

  9. saya pernah batuk berdarah dengan ciri-ciri napas agak sesak ,berkeringat dan batuk nya tidak keras disetai lendir mengeluarkan dasar segar dan ada yeng membeku kejadian nya di saat siang hari di saat cuaca panas dan saya banyak gerak sehingga mengeluarkan keringat dingin dan batuk mengeluarkan darah terggorakan saya agak terasa perih/longgar, saat sekarang tidak mengeluarka darah lagi tapi saya agak sesak napas tidak seperti biasanya ,…? tolong dok jelasakan apakah saya termasuk menderita penyakit TBC . dan apa saja yang harus saya lakukan agar napas saya kembali seperti biasa ..? saya takut nanti apabila batuk dan filek/bersin-bersin mengeluarkan darah lagi….?tolong dok dibalas .terima kasih .

  10. saya batuk,demam, sudah dua minggu & suaranya batuk saya itu kaya “maaf suara guguk” stiap obt btuk yang saya minum itu hanya bertahan 4-5 jam,badan saya emang ceking bukan berrati lemas,apa saya termasuk penyakit tbc?

  11. mohon petunjuk mas, istri saya kalau sakit batuk biasanya sampai 1 bulan baru sembuh, sudah macam2 obat saya berikan tapi butuh waktu lama untuk sembuh, istri saya takut ke dokter mas.. jadi agak sulit buat diagnosis penyakitnya. batuknya berdahak kadang2 bercampur bercak2 merah darah bercampur lendir, nafsu makannya tetap ada mas, dan tidak disertai demam tinggi hanya disertai flu terus batuknya itu kambuhan mas jadi kalo udah sembuh beberapa bulan kemudian batuk lagi… itu tergolong TB nggak ya mas.. matur suwun buat informasinya….

    • Pak Matthew,
      berat badan nya bagaimana?
      saran saya perbaiki sistem imun nya dengan TF Plus, nanti biar sistem imun istri bapak yang mencari tahu penyakit dan menyembuhkan sakit nya. hubungi sy via telp ya pak

  12. Sy sk bersin-bersin&flu klo kena dingin. Stiap bangun tidur(pagi hri) flu & mengeluarkan dahak putih kadang agak kuning kcoklatan.
    Jika flu hebat suka batuk2,mngeluarkn dahak kuning kdang ada titik merahnya, dan sesak, klo malam suka demam&berkeringat,badan lemas. Dulu sy prnh dvonis gejala KP. Apkh skrg sy kena tbc? Mhon jwbn’y. Trmkasih.

    • Ibu Ana, bila ada demam, kemungkinan besar ada infeksi di saluran pernafasan. saran sy coba foto paru-paru nya. solusi nya coba perbaiki sistem imun nya dengan tf plus. bila sistem imun menjadi lebih baik, nanti sistem imun yang akan mengurusi permasalah infeksi nya.

  13. saya sudah batuk lebih dari sebulan, sembuh sehari dua hari tapi batuk lagi, berbagai macam obat sudah di konsumsi tapi masih batuk, dokter pun sudah cek tapi tetep gak sembuh,dan kalo batuk suka keluarin dahak tapi warnanya sama kaya warna air ludah cuman rasanya asin saja dan satu dua hari ini ada sedikit sakit di dada tapi itu jika membungkuk saja, kalo untuk napas dan batuk tidak sakit. Apakah saya termasuk dalam kategori tbc?

  14. sya btuk dah lebih dr seminggu ,, pertam batuk berdahak skrg gx lagi tinggal gatel2nya lagi tnggorokan sy, tapi saya nafsu makn ,emg kurus sih ..pa sy ni kena tbc

  15. saya septa 17 thn punya teman yang mengidap tbc
    penyakit itu baru di ketahui 4 bulan yang lalu
    memang dia dlu suka minum” dan pecandu rokok
    .pa itu salah satu penyebabnya
    .mohon solusinya

    trimakasih

  16. Malam, sy mau ty jenis batuk yg sy alami. Tenggorokan bisa tiba2 gatal tdk tertahankan dan batuk kadang sampai muntah sedikt. Lebih parah di malam hari apalagi menjelang subuh. Badan jg mulai sore sering lemas tapi tdk demam. Nafsu makan biasa saja malah sering lapar krn sdg menyusui. 3 mg sebelumnya sy sdh dikasih antibiotik oleh dr tapi blm tuntas sekali batuknya dan sudah hampir seminggu ini malah tenggorokannya gatal luar biasa. Kira2 apa ya diagnosanya dok? Thanks.

    • saya jg mengalami hal spt itu… kalau udah gatel… bisa batuk2 keras smpai mau muntah rasanya.terkadang sngat memalukan. dulu sya ke dokter, dksih antibiotik,, trnyata karna amandel, detelah itu saya smbuh. tapi sekarang setelah 3 tahun kmudian, batuk saya yang seperti itu kambuh lagi.. tp anaehnya uda ke dokter 3 x blm smbuh juga pdahal udah minum obat amoxan(untuk ngecilin amandel) n obat2 antibiotik lainya. apa kumannya uda kebal terhadap antibiotiknya ya?
      saya udah sebulan lebih batuk – batuk seperti itu.

  17. Malem, saya mau tanya tentang Batuk saya. Setiap Malam dan Pagi hari saya selalu mengalami batuk hebat disertai banjir keringat, sudah dilakukan upaya ke dokter umum hingga 3x, dan sudah diberikan obat yang berbeda namun belum menunjukan hasil yang baik. Saya juga sudah melakukan rontgen, dan hasilnya menurut dokter umum (bukan dokter spesialis paru) adalah baik. Apakah saya mengalami TBC ? Mohon bantuannya. wass.

  18. saya batuk dah 3 minggu…berdahak n flu…dan tenggorokan sy mpe akt gr2 batuk,,,kalau sy blh tau apakah saya terkena penyakit tb.
    bls

  19. dokter,sya mngalami batuk berdahak sekitar 2 minggu….awalnya sich,,ringan tapi sekarang2 batuk berdahak nya mengeluarkan darah………kepala pusiing sekalii….dan sya juga kerja di tempat yang berbau kimia yang sangat tajam……….apa sya kena tbc…harap di balas dok!terima kasih….

  20. Saya sudah batuk berdahak selama kurang lebih 2 minggu. Tapi, susah mengeluarkan dahak. Kira-kira ini merupakan penyakit TBC atau bukan ya?

  21. Aku batuk udah dua hari,tapi sering kambuhkambuh gitu
    Dahakku warnax kuning,terus kadang-kadang ada bercak darahnya.padahal aku gak batuk kenceng-kenceng
    Badanku anget terus,trus males maem.aku agak berat juga kalo napas
    Apa aku kena tbc ya?

  22. malam…. saya sudah lama sekali batuk berdahak, tapi baru-baru ini batuk saya bercampur darah. dan jika batuk saya tahan saya merasa mau muntah dan ditenggorokan saya sperti terasa gatal… tapi saya tidak berkeringat pada malam hari, tidak demam, tidak lemas dan nafsu makan saya tidak berubah.
    yang saya tanyakan, apakah say menderita TB dan jika ya apa yang harus aku lakukan…
    thanks ya… mohon dibalas!

  23. saya sudah batuk berdahak dan flu selama 4 minggu….berkeringat bila malam hari,tetapi tidak pernah batuk sampai mengeluarkan darah…badan saya memang dari dulu kurus nabsu makan juga masih seperti biasa. benarkah saya terkena TBC???
    dan apa yang harus saya lakukan..??
    mohon dibalas..
    trima kasih.

  24. Saya jarang sakit parah. Hampir tidak pernah. Hanya sering masuk angin dan flu.
    Namun, jika flu, awalnya tenggorokkan terasa berlendir, dan pilek. Setelah itu batuk disertai dahak, paling sering di malam atau saat bangun tidur. Warnanya kadang bening, putih, atau kuning. Hal itu byasanya terjadi selama 2-3minggu. Setelah itu flu hilang, tp kadang2 saya masih mengeluarkan dahak. Tapi dlm hal ini saya tidak pernah demam, bahkan berat badan saya naik 4kilo. Kata teman saya, kemungkinan paru-paru saya kotor.
    Beberapa hari yg lalu, saya panas. Perut di bagian bawah tulang rusuk terasa sakit sekali seperti ditusuk2. Ketika saya perhatikan, bentuk tubuh bgian itu berubah, menjadi lebih cekung ke dalam dan perut saya agak membuncit. Apakah ini tanda TBC ? Harap dibalas secepatnya.

  25. 1 tahun yang lalu saya divonis memiliki penyakit TB ringan, kta dkter TB-nya msh didalam, belum dpat menularkn lewat nafas,dll.
    Sya sdh menjalani pengobatan 6bln, berakhr Dsmber 2009 kmrn. Stlh pngobtan itu btuk2 sya hlang.
    Tetpi skrg, sjak sya flu dan pilek,dmam, 5 hari yang lalu diikuti juga dgn btuk2 brdahak, sakitnya juga sprti dlu, skt dibagian dada jk btuk, tpi tdk brdrah. Brat bdan sya msh ttp sprti dlu wkt sya skt TB dlu, tdk trun dan juga tdk naik.
    Saya mau tanya apkah btuk2 sya ini menandakan TB sya kambuh atau bgmna? Apa yg hrus sya Lkukan? Sya sdah k puskesmas, dmam,flu,pileknya, udah tdk ada lagi, tapi btuknya msih ttap. Mohon solusinya…

  26. 1 tahun yang lalu saya divonis memiliki penyakit TB ringan, kta dkter TB-nya msh didalam, belum dpat menularkn lewat nafas,dll.
    Sya sdh menjalani pengobatan 6bln, berakhr Dsmber 2009 kmrn. Stlh pngobtan itu btuk2 sya hlang.
    Tetpi skrg, sjak sya flu dan pilek,dmam, 5 hari yang lalu diikuti juga dgn btuk2 brdahak, sakitnya juga sprti dlu, skt dibagian dada jk btuk, tpi tdk brdrah. Brat bdan sya msh ttp sprti dlu wkt sya skt TB dlu, tdk trun dan juga tdk naik.
    Saya mau tanya apkah btuk2 sya ini menandakan TB sya kambuh atau bgmna? Sya sdah k puskesmas, dmam,flu,pileknya, udah tdk ada lagi, tapi btuknya msih ttap. Mohon solusinya..

  27. saya batuk kering di sertai pilek,…
    hampir mencapai 1bulan,…..
    sudah minum obat batuk kering berkali2, tapi tidak sembuh juga,.
    kadang dada sesak,susah napas,…
    pas batuk, dada sakit.
    ad kemingkinan tbc?
    terimakasih sebelumnya

  28. saya pernah mengidap TBC selama dan sudah berobat ke dokter dan saya pun dinyatakan sembuh namun selang dua bulan saya dinyatakan terkena TBC lagi. namun anehnya di dalam darah saya smua hasilnya negatif tidak ada virus TB nya, hanya dalam mantoux dan rontgen saja saya dinyatakan positif. dan sekarang sudah 6 bulan minum obat hasil rontgen tidak menunjukan hasil yang signifikan….biar cepat sembuh saya harus bagaiman ya dok…mohon bantuannya agar saya lekas sembuh.. terima kasih sebelumnya…

  29. Temen saya sakit sudah agak lama, sekitar 3 bulan. Awalnya hanya batuk biasa tapi lama-lama batuknya semakin parah saja, sudah berobat ke dokter, ramuan jawa tapi tak kunjung sembuh dan berat badannya terus menurun, dulu yang beratnya 52 kg sekarang tinggal 40,5 kg. Tulang-tulang dada sesak dan mau retak rasanya kalau dibuat batuk apalagi kalau malam hari. Biar teman saya cepat sembuh bagaimana ya dok.??? Terimakasih atas bantuannya.

  30. saya pernh di vonis kena tbc setelah cek dahak darah terus berobat 6 bulan ,trus rasanya smbuh ga dahak lg kira2, 4 bln kmudian dada saya terasa sakit banget apa ini tbc saya kambuh atau apa rasanya sakit banget,,lebih sakit lg kalo bangun tdr mhon banget jawabannnya,,,,atas perhatianya terimah kasih,tlg di balas di email saya ya mkc

  31. saya mw tanya,,kalau batuk nya seperti kumatan apakah itu paru2 basah? Soalnya slain batuk yang sering, gejala lainnya tidak ada (dan tentunya jangan sampai ada).
    Kalau batuk, susah skali mengeluarkan dahaknya,,
    Mohon bantuannya,,
    Trimakasih,,

  32. saya divonis tb pada thn 2006 dok dan saya uda jalani pengobatan selama 6 bln tapi pada akhir tahun 2007 saya mulai merasa sesak napas dan dada sakit sampai sekarang, saya periksa ke dokter mereka bilang paru-paru saya bersih, berat badan saya juga tidak turun dan tidak batuk-batuk. yang saya ingin tanyakan saya sakit apa dok?

  33. dok saya divonis mengidap tbc pada mei 2006 dan saya uda dikasih minum obat selama 6 bulan tapi pada akhir november 2007 saya mulai merasa sesak nafas dan dada sakit bahkan sakitnya kadang terasa seperti ditusuk tembus belakang, berat badan saya tetap stabil, dan saya juga tidak batuk-batuk yang saya mau ingin tanyakan dok saya sakit apa ya??? mohon dibalas

  34. Saya dulu perna kena TB Kelenjar di leher Sempat di Ofrasi trus dapt jaringan yg sudah di Labor ke jakarta Fositip Tidak jau dari TB, saya mengikutin program 6bln makan Obat. Ternyata saya SembuH Total. Bdan saya Nak 10kg. dari 47kg.
    Setelah lebi kurang 2thn. Badan saya mulai kurus lagi,, makan seperti biasah tapi anehnya ada dahak lgi kalu pas pagi bangun tidur, sekarang badan sayah turun lagi draktis 47kg.
    apa kah saya kenah TBC lagi. Tapi saya tidak batuk, Tidak Berkeringat Malam,tidak demam, at lesu, makan seperti biasah.
    Gimana menurut anda…..?
    Balas

  35. Pak, anak saya (3 tahun) sudah demam 5 hari, panas tinggi , saya hanya memberinya madu dan air putih, sebelumnya saudaranya juga terkena hal yang sama (10 tahun) namun demamnya sudah sembuh hanya batuk-batuknya yang belum, anak saya pada awalnya belum ada batuk kemudian dia ada batuk sesekali, namun batuk-batuknya baru terlihat semakin sering dan berdahak setelah 2-3 hari, kebetulan di rumah kami 4 orang terkena batuk-batuk disertai demam yang sudah satu minggu tidak sembuh-sembuh,apakah penularan TBC secepat itu? karena saya pun batuk-batuk setelah satu malam tidur bersama keponakan saya tersebut, terima kasih banyak dok

  36. Dok, awalnya saya menderita batuk kering. Kemudian batuk sya menjadi berdahak. Setela 3 minggu saya priksa ke dokter. Setelah priksa malah ga sembuh, malah tambah pilek. Dan kadang sesak nafas. Tapi dr awal sakit saya tidak lemas, dan nafsu makan saya normal. Akhirnya setelah mau 1 bulan/barusan saya coba priksa lagi.
    Menurut dokter, sya sakit mnderita TBC apa bukan dok? Mohon di balas…
    Terima kasih..

  37. saya mudah sekali terserang batuk dan pilek. dan seringkali lama sembuhnya jika sudah sakit. beberapa kali saya memeriksakan diri ke dokter dan hasilnya negatif. namun pada 4 bulan yang lalu, kondisi saya semakin memburuk hingga harus keluar kerja. dokter mendiagnosa bronchitis. sudah menjalani pengobatan selama 2 bulan secara intens. sebulan setengah, saya menikmati kesehatan saya yang membaik. bahkan berat badan beranjak naik. tapi dua minggu ini, tubuh saya drop lagi. tanda-tanda TB ada, seperti demam pada dua minggu lalu, berat badan sayapun kembali turun, dan yang menyedihkan, percikan daran ada di dahak saya. nafsu makan saya ada, dan badan juga tidak lemas, saya masih diberi kesempatan Tuhan beraktivitas dengan energik. tapi benarkah saya TB? ah, rasanya saya sudah capek ke dokter….

  38. Saya Sarman 30 Tahun. Hanya sering masuk angin, flu dan pilek. Namun, jika flu, awalnya tenggorokkan terasa berlendir, dan pilek. Setelah itu batuk disertai dahak, paling sering di malam atau saat bangun tidur. Hal itu biasanya terjadi selama 2-3minggu dan kadang hilang dan muncul lagi. Selera makan juga tidak berkurang bahkan berat badan saya terus naik, dan perut saya agak membuncit lagi. Tetapi herannya saya, ketika teman saya minum air pada gelas yg sudah sebagian saya minum, dia ikut batuk dan pilek, ini terjadi 2 kali.
    Apakah saya TBC dan bagaimana cara pengobatannya? Harap dibalas secepatnya, kalau bisa melalui Emailku. Terimakasih.

  39. saya sering batuk2, kmren batuk dah kurang lebih 3bulan, tapi sudah sembuh.
    sekarang mulai nbatuk lg, dah 1 mingguan nie belum sembuh jga.
    jarak dari kesembuhan 2 minggu.
    berat badan tetap, tidak ada perubhan.
    sering batuk pada sore hari dan pagi hari, batuk berdahak disertai pilek.

    • Cara mengatasi nya dengan memperbaiki sistem imun Pak. Selama ini penanganan TBC memakai obat. sekarang terjadi ressitensi. Sebaiknya konsumsi TF Plus 3 x 3 setiap hari selama 3 bulan. Sistem imun kita sudah bekerja melindungi kita 24 jam sehari non stop tanpa istirahat. Penting kita memberikan bantuan dengan mengkonsumsi tf plus

Komentar ditutup.